Sabtu, 08 Mei 2010

Tinjauan Umum Perusahaan

2.1 Sejarah Singkat Perusahaan

Untuk melengkapi persyaratan pendidikan maka kami sebagai siswa melaksanakan Praktik Kerja Industri, yang bertempat di Kabupaten Bandung.
Nama Perusahaan : PT. PANASIA FILAMENT INTI 1
Alamat Perusahaan : Jalan Cisirung 95 Moch. Toha Km. 6-8 Bandung

2.1.1 Sejarah Pendirian Perusahaan

Pada tahun 1950-1973, PT.PANASIA ini pertama memulai usahanya dalam industri textil dengan sistem melakukan dyeing atau pencelupan dan printing atau pencapan skala rumah yang pada waktu itu di beri nama PT.HARAPAN DJAJA empat bersaudara dengan industri hilir yang memproduksi kain polyester untuk wanita pada tahun 1975.
Pada tahun 1987 berdiri PT.PANASIA COTTON Alam Mills yang sekarang menjadi PT.PANASIA FILAMENT INTI II (PT.PANAFL II) dan pada tahun 1988 karena kebutuhan bahan baku benang amat besar, maka berdiri PT.PANASIA SYNTETIC ABADI (POLIESTER FILAMENT YARN) yang sekarang menjadi PT.PANASIA INDOSINTEC I.
Pada tahun 1989 bergabung PT.PANASIA SYNTETIC ABADI dengan PT.HARAPAN DJAJA empat bersodara, dan sejak saat itu PT.HARAPAN DJAJA telah menjadi industri terpadu.
Pada tahun 1990 PT.HARAPAN DJAJA namanya diubah menjadi PT.HADTEX INDOSYNTEC yang sekarang di sebut PT.PANASIA FILAMENT INTI I (PANAFIL I), yang pada akhir tahun 1990 PT.HADTEX INDOSYNTEC unit fiber menjadi PT.PANASIA INDOSYNTEC.
Pada tahun 1992 berdiri PT.PANASIA INDOSYNTEC ABADI UNIT FIBER yang kemudian pada awal tahun 1993 bergabung dengan PT.HADTEX INDOSYNTEC. Pada tahun 1993 PT.HADTEX INDOSYNTEC mulai GO PUBLIC di bursa efek jakarta.
Pada tahun 1994 berdiri PT.HADTEX INDO GERMAN DAN PT.PANASIA FILAMEN III (PANAFIL III). Pada tahun 1995 PT.HADTEX INDOSYNTEC berubah menjadi PT.PANASIA INDOSYNTEC Tbk. dan terdaftar di bursa efek Jakarta bersama dengan PT.PANASIA FILAMENT INTI Tbk.
Pada tahun 1996 berdiri PT.INTI TEXTURINDO MEGAH., PT.Fiberindo Inti Prima Tanggerang.dan PT.Sinar Panca Jaya Semarang. Pada tahun1998 berdiri PT.PANASIA SPUNBONT dan PT.TRITAMA TEXSIDORAYA.
PT. PANASIA FILAMENT terdiri dari beberapa Departemen diantaranya :
• Departemen persiapan
• Departemen pertenunan (Weaving)
• Departemen pencelupan (Dyeing)
• Departemen pencapan ( Printing)
• Departemen pengepakan (Verpacking)
Untuk membantu kegiatan produksi terdapat unit departemen penunjang meliputi Departemen tekhnik umum dan administrasi.

2.1.2 Permodalan
Untuk menunjang kegiatan produksi agar lebih maju membutuhkan biaya yang besar, oleh karena itu dalam permodalan PT. PANASIA FILAMENT INTI diperoleh dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan saham keluarga tehnico.

2.1.3 Pemasaran
Dalam masalah pemasaran PT. PANASIA FILAMENT INTI tidak mengalami kesulitan karena sudah mempunyai pelanggan atau costumer yang tetap, baik lokal maupun luar negeri. Adapun untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lokal 20%, sedangkan untuk pelanggan eksport atau luar negeri sebanyak 80%, akan tetapi dalam jumlah pelanggan tidak tetap seperti itu kadang-kadang berubah.
Untuk lokal yang merupakan pelanggan atau customer tetap di PT.PANASIA FILAMENT INTI adalah : Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Sedangkan pelanggan tetap diluar negeri pelanggan tetap diluar yaitu negara-negara yang berada diwilayah Timur Tengah, Asia Afrika, Asia dan Amerika latin.
Untuk pemasaran luar negeri PT. PANASIA FILAMENT INTI berusaha agar pengiriman barangnya bisa tepat pada waktunya karena jarak yang jauh, jadi perencanaan pengiriman barang benar-benar sudah diperhitungkan.

2.2 Visi dan Misi Perusahaan
2.2.1 Visi perusahaan
Menjadi perusahaan yang diakui dikalangan industri tekstil dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.
2.2.2 Misi Perusahaan
Memproduksi dan menjual barang tekstil yang baik dan harganya bisa bersaing kepada konsumen dalam negeri maupun luar negeri.


2.3 Struktur Organisasi
Struktur organisasi dalam sebuah perusahaan sangatlah penting karena dengan adanya struktur organisasi maka kedudukan, tanggung jawab dan wewenang menjadi lebih jelas dan terarah, jika sudah demikian maka perusahaan akan berjalan dengan baik dan lancar.
Struktur organisasi yang digunakan oleh PT. PANASIA FILAMENT INTI adalah sistem garis. Dalam sistem ini membuktikan adanya saling keterkaitan atara pimpinam dan bawahan yang keduanya sekaligus turut bertanggung jawab terhadap kelangsungan produksi di perusahaan.

1 komentar:

  1. Mr. Ha Seok Soe
    President Director
    PT. Panasia Filament Inti Tbk. (Panafil)


    Datatex dan PT. Surya Data Infokreasi bergabung untuk Pasar Manufaktur Tekstil Indonesia


    Dear Bapak Ha,

    Kami telah memperoleh rincian kontak Bapak dari Buku Panduan Tekstil & Garment Indonesia.

    Tujuan dari surat ini adalah untuk mengumumkan kemitraan Surya Data baru-baru ini dengan Datatex yang berbasis di Eropa, sebagai pemasok global terkemuka untuk solusi ERP yang didedikasikan khusus untuk industri manufaktur tekstil dan garmen.

    Surya Data bergerak dalam bisnis penyediaan solusi ahli untuk industri apparel & garmen sejak tahun 2011 dan telah bertahun-tahun membantu banyak perusahaan lokal untuk keberhasilan yang lebih tinggi dan daya saing yang berkelanjutan.

    Dengan adanya kebutuhan mendesak industri manufaktur tekstil di Indonesia solusi ERP khusus tekstil, kami telah memilih Datatex sebagai mitra kami untuk memungkinkan kami dalam memperluas industri kami yang terfokus pada konsultasi & IT juga ke sisi pasar tekstil.

    Dalam upaya kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang tantangan-tantangan khusus dan kebutuhan produsen tekstil & garmen dalam hal IT / solusi ERP, kami dengan hormat meminta Bapak untuk meluangkan waktu dalam meeting perkenalan. Ini akan membantu kami dan akan, pada saat yang sama menjadi nilai besar untuk Bapak / perusahaan Bapak untuk mempelajari lebih lanjut tentang Surya Data dan bagaimana kita mungkin bisa menjadi mitra dan nilai tambah bagi kesuksesan perusahaan Bapak di masa depan.

    Tim kami akan menghubungi Bapak dalam beberapa hari ke depan untuk mengkonfirmasi hari, waktu dan tempat meeting tersebut. Bapak juga bisa langsung menanggapi e-mail kami dengan mengkonfirmasi hal tersebut.

    Untuk informasi langsung mengenai Surya Data silahkan kunjungi kami di www.suryadata.com dan Datatex di www.datatex.com.

    P.S. : Klik tautan ini untuk melihat pengumuman kerjasama resmi kami.
    http://suryadata.com/2017/01/06/datatex-and-surya-data-infokreasi-team-up-for-the-indonesia-textile-manufacturing-market/

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


    AMOR – Your Garment System Specialist
    Has been used for more than 2,500 users in the Indonesian garment and still growing

    REDS XP – A Modern & Integrated Indonesian ERP
    100% Indonesia, Center for Diversity & Unity

    Regards,
    Mrs. Octaliana Jasintha (Nana)
    Customer Relation Assistant Manager
    Komplek Rukan Sedayu Square Blok F/12
    Jl.Lingkar Luar Cengkareng, Cengkareng Barat
    Jakarta Barat - 11730 - Indonesia
    +62 21 2255 6205
    +62 857 143 51 541
    octaliana@suryadata.com

    BalasHapus