Sabtu, 08 Mei 2010

pendahuluan di adakannya PRAKERIN (Praktek Kerja Industri)

1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Industri

Berdasarkan kebijaksanaan pemerintah pada Garis-Garis Besar Haluan Negara tahun 1983, menetapkan bahwa tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah menghasilkan manusia pembangunan yang mampu berperan sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak bekerja dalam berbagai sektor pembangunan. Sehingga kita sadar akan adanya ketergantungan yang tidak dapat dihindari antara pendidikan menengah kejuruan di satu pihak dan dunia kerja di lain pihak.

Juga berdasarkan lampiran keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang kurikulum 2004 sekolah menengah kejuruan, yaitu dokumen landasan. Pada program dan kurikulum 2004 sekolah menengah kejuruan ini disebutkan bahwa peningkatan mutu dan revelansi sekolah menengah kejuruan diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang utuh dan mantap sehingga terjadinya kesinambungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Misi penbentukan manusia pembangunan yang mampu berperan sebagai tenaga terampil tingkat menengah yang layak kerja maupun mandiri dalam berbagai kemampuan kejuruan, semuanya di jabarkan secara sistematis dalam Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) berbagai program studi dalam kurikulum 2004 sekolah menengah kejuruan.

Serangkaian mata pelajaran yang mendukung tercapainya tujuan suatu program studi dialokasikan dalam waktu dan jumlah kredit yang memadai, sebagaimana tertera dalam struktur program yang bersangkutan. Dalam dunia studi, senantiasa teralokasikan sejumlah kredit untuk pengalaman kerja lapangan yang lama pelaksanaannya selama tiga bulan.

1.2 Tujuan Praktek Kerja Industri

Parktik kerja industri (Prakerin) adalah proses pembelajaran yang dilakukan siswa didunia usaha/industri secara sistematik dan terarah untuk mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan bidang keahlian mereka sehingga mereka menjadi calon tenaga kerja yang siap pakai dan profesional memenuhi standar Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI).

Praktik Kerja Industri merupakan salah satu Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Yang tujuannya adalah :

  1. Untuk mengembangkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja yang sesuai dengan program studi yang di pilih.
  2. Untuk menumbuh-kembangkan dan memantapkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai bidangnya.
  3. Untuk meningkatkan pengenalan siswa pada aspek-aspek yang potensial pada lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan manajement usaha.
  4. Untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk memasyarakatkan diri pada usaha atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja penerima maupun sebagai pekerja sendiri, terutama yang berkenaan dengan kedisiplinan kerja.
  5. Untuk meningkatkan, memperluas dan menetapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangan kerja ke sekolah dan sebaliknya.
  6. Memperoleh masukkan dan umpan balik guna memperbaiki dan menghambat kesesuaia program pendidikan kejuruan.

1.3 Tujuan Penulisan Laporan Praktek Kerja Industri

  1. Agar siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan apa yang di peroleh dari sekolah dan bagaimana penerapannya di dunia kerja.
  2. Siswa di latih mengembangkan daya pikir dalam menghadapi pokok-pokok yang berhubungan dengan situasi yang ada.
  3. Siswa di latih aktif dan kreatif dalam mengembangkan pekerjaan atau analisa dalam bentuk karya tulis.
  4. Melatih siswa dalam membuat atau menarik kesimpulan dari analisa yang di buat.
  5. Melatih siswa untuk mengeluarkan pendapat dan mempertanggung-jawabkannya.

2 komentar:

  1. apakah kegiata prakerin cukup efisien unruk para pelajar smk??

    BalasHapus
  2. bagaimana cara'nya membuat suatu laporan yang sangat banyak?? cape tuwh kan?

    BalasHapus